Selasa, 23 April 2013

Guru/Dosen/Pengajar = Enterpreneur ......???


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Di waktu dan tempat yang cerah ini (mode pidato ON). Saya bermaksud mengajak kalian yang berkunjung di blog saya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan mohon dikomen biar yang baik tetep baik dan yang salah agar diperbaiki...................


????????????


Apakah Seorang Guru/Dosen Bisa Disebut Enterpreneur?
Kalian tau seorang enterpreneur (wirausaha) itu seperti apa?
Apakah diantara kalian ada yang ingin menjadi seorang enterpreneur?
Mengapa di Indonesia sekarang ini sedang gancar2nya digalakkan Program Krativitas Mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Wirausaha Mandiri, dll? Apakah gerangan?
Sanggupkah Institusi Pendidikan di Indonesia mencetak minimal 2% penduduk Indonesia menjadi seorang enterpreneurship sejati?
Bagaimana keadaan enterpreneur di Indonesia sekarang?
Mengapa objek yang dijadikan sasaran enterpreneur masa depan lebihnya seorang mahasiswa? Sanggupkah mahasiswa menjadi enterpreneur yang diinginkan bukan sekedar seeker job setelah lulus?
Apa menurut kalian yang cocok untuk dijadikan usaha di Indonesia dalam jangka waktu panjang?



Seorang guru/dosen/pengajar biasa menurut saya (klo lho?) bisa dikatakan seorang enterpreneur (dalam konteks jasa yang deberikan) jika yang bersangkutan berhasil membawa peserta2 didiknya menuju dunia wirausaha (minimal) berani dan pernah mencoba menjadi wirausaha (walauoun gagal). Ingat bahwa sebenarnya enterpreneur sejatinya memproduksi barang dan jasa(perniagaan dan pelayanan). Dan salah satu faktor prodduksi yang terpenting selain modal, mesin, juga dibutuhkan manusia (SDM) yang mumpuni dan kreative juga memiliki skill khusus dan berpengelaman dibandingkan sdm yang lain. Jadi peran guru/dosen/pengajar juga sangat penting disini untuk mencetak wirausaha muda yang memajukan Indonesia. J J J

Wirausaha menurut saya adalah seseorang (biasa ingin jadi luar biasaaaa) yang mempunyai jiwa kewirausahaan yang tinggi dan ingin menerapkannya dalam bentuk nyata antara lain merekrut orang lain untuk bekerja kepadanya agar dapat mencapai tujuan yang telah disepakati. Selain memiliki jiwa enterpreneur, harus pula memiliki jiwa managerial yang baik agar mampu mempengaruhi (dalam hal positif) orang lain untuk mau bekerja sama dengan kesadaran di sendiri, langsung maupun tidak langsung, untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati bersama.

Insya Allah, dari dalam hati saya ingin sekali memasuki dunia enterpreneur dan merasakan manis, asem, asin (bukan iklan lho) menjadi seorang enterpreneur. Semoga terlaksana dan menjadi pondasi yang kuat untuk memajukan bangsa Indonesia. Amin.

Mungkin salah satunya karena sudah gemessnya pemerintah melihat angkatan kerja tiap tahunnya yang semakin meningkat ditambah angka pencariaan kerja di sektor pemerintah dan swasta yany meningkat pula tanpa dibarengi peningkatan jumlah wirausaha di Indonesia. Alasan lain juga untuk memberi suatu kesempatan bagi mahasiswa untuk berwirausaha agar syukur2 setelah lulus meneruskan uasha tersebut. (bagi yg pernah dapet kesempatan gunakan dengan baik, jangan selewengkan dana, okk.......hheheheheh....bg yang blom tetep semanagat buat proposal dan buat usaha yang menarik dan maju okkk....... :-) )

Saya rasa lebih dari sanggup bahkan bila mau pemerintah membuat mata pelajaran khusus kewirausahaan bagi siswa2 SMP-SMA/Sederajat karena disadari atau tidak banyak siswa2 SMP yang sebetulnya ingin jadi seorang wirausaha tetapi tidak tau caranya, siswa SMA juga tetapi tidak mempunyai modal..........(pengalaman saya pernah jualan pas SD Cuma dilatarbelakangi sedang ngetrennya mainan kartu dan mobil2an.)

Klo keadaan enterpreneur sekarrang di Indonesia menurut saya juga lebih baik, Pemerintah lebih tingkatkan pelatihan bagi enterpreneur2 muda dan tradisionil dan ajak mahasiswa pkl disana (jangan sukanya ke **** yang Cuma hamburin uang .............wkwkwkwkwkwk)

Karena tingkat akhir pendidikan disuatu negara (dalam konteks kedudukan peserta didik) berada di mahasiswa, (seharusnya menuntut ilmu sampai mati) setelah itu mereka akan mencari sumber penghidupan sendiri tanpa atau dengan bantuan orang lain.(bekerja atau berwirausaha). Nah karena begitu besar peluang mahasiswa menjadi wirausaha ditambah pengalaman dan ilmu yang mereka dapet di bangku kuliah membuat pemerintah (ada juga swasta lhooo........) membuatkan program kewirausahaan. Sebetulnya ada juga untuk umum yaitu program kewirausahaan dari pemerintah dan swasta (tanya website sebelah deh or mbah google.com   hehehehehehehe)

Usaha yang cocok untuk jangka waktu panjang di Indonesia adalah bidang agraris (karena Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur, makmur). Khususnya tanaman-tanaman bahan2 pokok organik.(tapi ingat sob,....tetep jaga keseimbangan lingkungan...jangan karena ambisius yang tinggi menjadi petani yang sukses main tebang aja nih hutan buat uaha..........cari donh usahaa sampingan hehehehehe). Selain itu ga menutup kesempatan pula menjadi seorang wirausaha di bidang onderdil otomotif (lupa saya daerahnya)..............Itu tergantung minat dan kemampuan juga pengalaman dan niat (yang paling penting) sambil lirik kanan-kiri, usaha apa yang berumur panjang..........

Sekian dari saya mohon kalian yang lagi baca atau sekedar ngeliat (baik yang mudang maupun tidak) dikomen untuk perbaikan penulisan artikel selanjutnya.
TERIMA KASIH
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap gan

Mora mengatakan...

Mantap gan ^_^
Kunbalnya
www.mora-cyber4rt.blogspot.com/p/jasa-pembuatan-blog-langsung-pakai-murah.html

nasyid mengatakan...

mantap

Posting Komentar

Comment please about my post.
Your comment will be replied. Hoppefully,,,,hhehehehe
Ok....