Selasa, 16 April 2013

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Setahun yang lalu, tepat saya merayakan kelulusan SMA mengingatkan saya betapa bingungnya saya mendaftar perguruan tinggi negeri dan kedinasan. ( WAJIB pake SEKALI ).
Jika saya tidak tertampung di PT Negeri atau Kedinasan mungkin saya lebih baik saya memilih bekerja dahulu atau mendaftar kursus guna meraih sertifikat untuk bekerja.
Dalam benak saya, apabila saya tidak diterima di S1 PTN/K, saya lebih baik memilih D3 dengan konsekuensi harus transfer S1 atau D4 setelah lulus dan harus lebih awal mendapat pekerjaan daripada dengan teman-teman saya yang diterima di S1.
Saya agak sungkan saat itu ketika diterima di D3 Politeknik di Semarang terlebih pilihan tersebut bukan pilihan pertama yaitu ADMINISTRASI BISNIS. Yang notabene belum pernah di benak saya untuk mendalami di program studi tersebut dan akhirnya dengan mengucapkan "Bismillahir Rahmanir Rahim" saya jalani dan sampai sekarang hingga saya lulus akan mendapat gelar STRATA 1 ATAU DIPLOMA 4 SAMPAI PROFESOR AHLI DI BIDANG ADMINISTRASI BISNIS. AMIN.
Dari pemaparan cerita singkat saya mungkin adik2 kelas XII sekarang yang mungkon juga mengalami nasib seperti saya dahulu bisa dijadikan pilihan Program Studi Administrasi Bisnis sebagai pilihan program studi yang adik2 jalani di PT.

Apa sebetulnya ADMINISTRASI BISNIS itu?
Apa yang dipelajari disana?
Bagaimana prospek pekerjaan setelah lulus?
Apa keunggulan ADMINISTRASI BISNIS dibanding dengan program studi yang lain? 



Saya akan jelaskan satu per satu. ( Mohon untuk dikomen adik2 bila ada yang belum paham )

Admisnistrasi Niaga atau yang sekarang menjadi popular dengan sebutan Administrasi Bisnis, adalah bagian dari ilmu-ilmu sosial yang mempelajari proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam upaya mencapai suatu tujuan,merupakan ilmu yang berfokus pada prilaku manusia. Sebagai ilmu, administrasi mempunyai objek, subjek, dan metode. Objek dari ilmu administrasi adalah orang-orang dengan prilakunya, subjek yang dipelajari adalah bentuk atau bagian serta mekanisme kerja sama, sedangkan metode merupakan cara atau pemikiran yang dikembangkan untuk mencapai tujuan dari kerja sama tersebut.

Sedangkan untuk mata kuliah yang dipelajari sebetulnya kurang lebih sama antara PT yang satu dengan yang lainnya. Itu tergantung kurikulum dan kebijakan PT yang adik inginkan. Saran saya pilih yang sesuai denga minat dan bakat kalian juga sesuaikan dengan perkiraan kebutuhan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja dan kewirausahaan. Materi kuliahnya meliputi Dasar Akuntansi, Dasar Manajemen, Statistika, Matematika Keuangan, Pengetikan Manual (katanya hanya ada di Politeknik), Pengetikan Bisnis, Pengetikan Alat Elektronik, Pengantar Ilmu Administrasi dan Kesekreteriatan, Ekspor-Impor, Korespondensi Indonesia/Inggris, Aplikasi Komputer Bisnis, Hukum Dagang, dll

Kalau masalah prospek kerja dari lulusan ADMINISTRASI BISNIS sendiri biasanya bekerja sebagai office administrator, sekretaris, public relation, Freight forwarder, receptionist, arsiparis tingkat madya, professional convention and exhibition organizer, ADA JUGA LULUSAN ADMINISTRASI BISNIS YANG BERWIRAUSAHA.... :-) :-) :-) (INGAT INI D3)

Mengenai keunggulan karena kita dari kalangan mahasiswa yang bukan hanya dituntut paham akan ilmu Bisnis tetapi juga akan terjun langsung ke dalam dunia bisnis global. Kami dituntut untuk selalu melatih menerapkan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing yang lain selain Bahasa Indonesia yang aplikatif seperti membuat surat, membalas surat, menerima telepon, menjadi sekretaris, dll.

Demikian penjelasan saya tentang program studi ADMINISTRASI BISNIS.
Maksud saya disini bukan mempengaruhi tetapi memberi gambaran.

BAGI ADIK2 YANG BELUM PAHAM DAPAT KOMEN2 POSTINGAN INI.
INSYA ALLAH SAYA BALAS
TERIMA KASIH

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

2 komentar:

Rayen Hendra mengatakan...

Oh, begitu ya Riz ...

Jadi ingin ikut daftar lagi :(

Unknown mengatakan...

Ok...bos thanks komennya....
Lha piye?...
Gn jurusanmu?...

Posting Komentar

Comment please about my post.
Your comment will be replied. Hoppefully,,,,hhehehehe
Ok....