Jumat, 12 Oktober 2012

You Know Joseph Wharton ?



Joseph Wharton (3 Maret 1826 - 11 Januari 1909) adalah seorang tokoh dari kota Philadelphia yang dikenal sebagai pedagang, industrialis dan filantropis. Ia juga banyak terlibat di bidang pertambangan, manufaktur dan pendidikan. Ia mendirikan Wharton School di University of Pennsylvania, mendirikan perusahaan co-Bethlehem Steel, dan merupakan salah satu pendiri Swarthmore College.

Wharton mengawali kariernya di bidang bisnis ketika berumur 19 tahun. Saat itu, Wharton magang dengan seorang akuntan selama dua tahun dan menjadi mahir dalam metode bisnis dan pembukuan. Pada umur 21 tahun, dia bermitra dengan kakaknya, Rodman, untuk memulai sebuah bisnis manufaktur timah putih.
Pada tahun 1849 Wharton memulai bisnis manufaktur batu bata menggunakan mesin yang telah dipatenkan, yaitu dengan menekan tanah liat menjadi bentuk kering. Pengalaman selama beberapa waktu menjadi pebisnis batu bata, membuatnya mendapatkan pengalaman berharga dan menemukan strategi baru yang menguntungkan dalam sebuah usaha.
Pada tahun 1853, Wharton bergabung dengan perusahaan Pennsylvania and Zinc Lehigh di daerah Bethlehem, Pennsylvania, ia pertama kali mengelola operasi pertambangan dan seng oksida kemudian bekerja. Wharton membuktikan diri dengan menegosiasikan piagam baru untuk pekerjaannya, dan di lingkungan keuangan yang sulit dari tahun 1857 hingga 1858, ia mengambil alih kendali atas perusahaan tersebut dengan bekerja dan mengelola secara hati-hati, kemudian berubah menjadi keuntungan bagi perusahaan tersebut.
Tahun 1860, Wharton, setelah beberapa kali melakukan perundingan dengan para direktur perusahaan, Zinc Lehigh dikembangkan sebagai perusahaan pertama yang memproduksi seng metalik di Amerika. Melihat keadaan bisnis berikutnya, ia dikontrak pabrik selama empat tahun dan akhirnya membuat keuntungan secara fantastis bagi perusahaannya dari penjualan logam seng, yang digunakan dalam pembuatan kuningan.
Wharton menjadi semakin dikenal banyak kalangan dan terlibat dalam banyak perusahaan industri seperti tambang, pabrik dan kereta api. Dia mulai bekerja pada beberapa perusahaan properti di South New Jersey, termasuk pabrik ikan menhaden yang memproduksi minyak dan pupuk, operasi  penanaman kehutanan modern, serta perkebunan cranberry dan gula. Wharton juga membeli tanah yang mengandung bijih besi di bagian utara New Jersey di Port Oram, New Jersey (sekarang Wharton, New Jersey) yang terletak dekat dengan Morris Canal dan jalur kereta api. Dia membeli tambang batu bara di barat Pennsylvania, membangun sebuah perkotaan untuk para pekerja sebanyak 85 rumah dan toko di sepanjang rel kereta api. Dia juga membeli lahan batubara di West Virginia, besi dan tambang tembaga di Michigan, dan tambang emas di Arizona dan Nevada. Wharton menjadi terlibat dalam membaca situasi bisnis di sekitar jalur kereta api dan psikologis beberapa orang yang menjadi anak buahnya, lalu mengatur transportasi dengan memanfaatkan jalur kereta api untuk membawa bijih dan menyelesaikan produk logam.
Dia mempertahankan korespondensi bisnis yang luas dalam kehidupan selanjutnya. Wharton adalah seorang kolega pemimpin seperti penemu Ezra Cornell, Elias Howe dan Thomas Edison, serta pengusaha Cornelius Vanderbilt. Gaya manajemennya berevolusi sepanjang paruh kedua tahun 1800-an, dengan menggunakan teknologi baru untuk komunikasi, transportasi, dan produksi, sehingga dia dapat mengendalikan dan menguntungkan banyak industri menjadi skala yang lebih besar daripada yang sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Comment please about my post.
Your comment will be replied. Hoppefully,,,,hhehehehe
Ok....