Minggu, 02 Desember 2012

Kemampuan Manajerial

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Banyak orang bilang kalau menjadi atasan terlebih manager harus dari bawah dahulu....
Ada juga yang bilang kalau manager itu cuma buat orang2 penting cos kerjaaanya cuma duduk2 doang tanpa ngeliat bawahannya bekerja 
"Apakah salah satu diantara kalian berpikir seperti itu?....."
Apakah kalian tau esensi manager itu apa?
Bagaimana seseorang berlomba2 menjadi seorang pemimpin? Apa faktor pendorngnya? Dan apakah benar manager itu selalu dikaitkan dengan pemimpin yang tutup mata atas pekerjaan bawahannya?
Apakah kalian tau apa tugas dan tanggung jawab seorang manager dan apa pula hak dan kewajiban yang dipikulnya 

MAU TAUUU..............................

"cekkidotttt"

............................................




Seorang manajer dalam menjalankan usahanya harus memikul berbagai peranan, tugas dan tanggung jawab, oleh karena itu setiap manajer dituntut untuk memiliki kemampuan/keterampilan dalam mengelola sumber – sumber yang ada dalam perusahaannya, terutama kemampuan mengkombinasikan sumber daya manusia dan alam yang diwujudkan dengan menjalankan fungsi – fungsi manajemen. Seperti yang dikemukakan oleh Winardi ( 1990:4 ) bahwa : “Kemampuan manajerial adalah kesanggupan mengambil tindakan – tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan “.
Kemudian menurut The Gie dalam Maman Ukas (1999:245) menyatakan bahwa “Kemampuan Manajerial (Managerial Copetence) adalah daya kesanggupan di dalam menggerakan orang – orang dan menggerakan fasilitas – fasilitas dalam suatu organisasi, nilai ini dalam manajemen sangat menentukan oleh karena nilai demikian berkenaaan dengan aktivitas pokok yaitu memimpin suatu organisasi yang bersangkutan”. Selanjutnya meurut B.S Wibowo (2002:14) kalau kita inigin sukses, maka kita harus memiliki “Keterampilan Manajerial diantaranya energi spiritual, keterampilan emosional, kekuatan itelektual, kualitas fisik dan penguasaan teknologi terapan”.
Kemampuan manajerial merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh seorang manajer agar dalam pengelolaan perusahaan dapat memberikan hasil yang optimal dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Menurut Drucker (A.F. Stoner,1992:14) bahwa prestasi manajer dapat diukur dalam bentuk dua konsep yaitu efisiensi dan efektivitas. Menurutnya efisiensi berarti melakukan kerja dengan benar dan efektivitas berarti melakukan pekerjaan yang benar. Agar manajer dapat mencapai organisasi yang efisien dan efektif maka seorang manajer diharuskan memiliki keterampilan. Menurut Sali Iskandar (1999:65) keterampianan manajemen dikelompokan menjadi 3 bagian yaitu :
1.      Techical Skill (keterampilan teknikal) adalah pengetahuan dan kemampuan untuk menggunakan sebuah proses, praktik, alat dan teknik yang digunakan pada bidang yang menjadi tanggung jawab khusus manajer.
2.      Human Skill (keterampilan manusiawi) adalah kemampuan untuk dapat beriteraksi dengan karyawan lain.
3.      Conceptual Skill, merupakan kemampuan yang berkaitan dengan hubungan antara ide dan hubungan yang abstrak, kemampuan mental dalam memendang organisasi secara keseluruhan dan bagaimana bagian – bagianya berelasi dan bertanggung jawab satu dengan yang lainnya.
Selain keterampilan – keterampilan yang harus dimiliki, beberapa sifat – sifat yang harus dimiliki oleh seorang manajer menurut Henry Fayol (Malayu S.P. Hasibuan, 1996:9 ), diantaranya :
1.      Jasmani, harus sehat, giat dan tangkas.
2.      Mental, sanggup memahami dan belajar, sanggup memulai, tangkas berfikir dan sanggup mnyesuaikan diri.
3.      Moral, harus tegas, tanggung jawab, inisiatif, setia, bijaksana dan berkepribadiaan.
4.      Erudisi, yaitu latar pedidikan yang luas baik pengetahuan umum maupun pengetahuan khusus yang sesuai dengan fungsinya.
5.      Pengalaman terutama menyangkut berbagai bidang kegiatan seperti tersebut diatas.



***Gimana udah puas pemamparannya, klo belum dikomen ya.....
Maaf jika ada kesalahan dan kekeliruannya ambil yang positif2 saja ya kawand2.
Tetep menjadi pemimpin yang bijaksana, mampu memanage pekerjaan, diri kalian sendiri dan buat orang lain dan tentunya kalian bangga atas kerja keras kalian selama ini. 

DO THE BEST OK,,,,,

Wassalamu'alaikum Wr, Wb.

1 komentar:

ViperGoy Blog mengatakan...

Makasih infonya gan :D lumayan buat nambah wawasan ..

Posting Komentar

Comment please about my post.
Your comment will be replied. Hoppefully,,,,hhehehehe
Ok....