Minggu, 02 Desember 2012

Pengaruh Kemampuan Manajerial Terhadap Keberhasilan Usaha

Dewasa ini persaingan dan perkembangan dunia usaha semakin kuat dan tajam sehingga untuk meningkatkan usaha diperlukan penanganan yang serius dari setiap pengusaha untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain. Dimana untuk meningkatkan keberhasilan usaha salah satu upaya yang harus dilakukan yaitu dengan meningkatkan sumber daya internal. Dan diantara sumber daya internal yang paling penting adalah kemampuan manajerial.
Menurut Yuyun Wirasasmita (Suryana, 1999:10), “bahwa faktor internal yang paling penting dalam mempengaruhi keberhasilan usaha adalah kewirausahaan dan manajerial”.
Menurut Payaman J.Simanjuntak (1995:145) bahwa :
 “Keberhasilan usaha atau dunia bisnis sangat tergantung pada kemampuan manajerial dan kewirausahaan, pemimpin perusahaan tersebut memanfaatkan peluang dan mengelola semua sumber secara optimal dan produktif ”.
Sebab itu kemampuan manajerial dan kewirausahaan mutlak dikembangkan melalui pendidikan, latihan. lokakarya , dan kesempatan – kesempatan memperoleh wawasan yang lebih luas “.
Jika seorang pengusaha telah memiliki kemampuan manajerial maka pengusaha itu telah menyakini perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, ditunjang dengan kreativitas, keinovasian, dan berani mengambil resiko. Dengan sendirinya tujuan yang hendak dicapai akan terpenuhi.
Berdasarkan pendapat para ahli dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan manajerial berpengaruh dalam menentukan keberhasilan usaha. Sehingga para pengusaha dalam meningkatkan usahanya dituntut untuk meningkatkan kemampuan manajerial. 

1 komentar:

rinem mengatakan...

bener banget bang sebagai calon pegusaha yg hebat musti menguasai lapangan

Posting Komentar

Comment please about my post.
Your comment will be replied. Hoppefully,,,,hhehehehe
Ok....